Selasa, 29 November 2011

SHADING, LIGHTING, AND TEXTURING

Shading, lighting, dan texturing merupakan metode atau teknik dalam rendering (pembentukan gambar yang mengandung model geometris untuk menghasilkan gambar yang lebih realistis). Pemberian bayangan (shading) merupakan proses penentuan warna dari semua pixel yang menutupi permukaan menggunakan model illuminasi (pencahayaan). Pencahayaan (lighting) adalah suatu metode yang dapat kita terapkan pada proses rendering untuk menjadikan sebuah objek menjadi terlihat berbeda dan realistis. Sementara itu, texturing merupakan proses mewarnai, memberi tekstur, atau memberi efek material pada sebuah model 3D. Bagian ini secara garis besar akan menguraikan sejumlah operasi terkait dengan ketiga teknik di atas secara ringkas dan implementatif. Pembahasan lebih rinci mengenai teknik terkait bisa dilihat pada dokumentasi Java3D.


Sumber :


http://agusblogsite.blogspot.com/2010/03/shading-lighting-and-texturing.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar